Apresiasi Lingkungan, Gelar Karnaval Di Sungai

Senin, 7 November 2011 00:30:02 - oleh : admin
Apresiasi Lingkungan, Gelar Karnaval Di Sungai

PASURUAN – Gelaran karnaval lumrahnya dilakukan di sebuah jalan raya, namun pelajar SMAN 1 Kejayan, Kab Pasuruan, memiliki ide kreatif dengan menggelar karnaval, di atas Sungai Camplong, Kejayan. Minggu (30/10).
Di atas sungai itu, puluhan pelajar berkreasi menghias diri bak para Raja dan Permaisuri, dengan menggunakan rakit bambu sebagai singgasananya, didorong oleh teman-temannya yang lain sepanjang 500 meter.

Rakit-rakit tersebut dibuat dari berbagai bahan sederhana, mulai bambu, galon air mineral, bekas ban mobil bahkan drum. Sebanyak 44 rakit mengikuti Karnaval dan setiap rakitnya terdiri dari 4 siswa perancang rakit dari kelas 10, satu grup musik dari kelas 11 dan 2 peraga busana dari kelas 12.

Meskipun terlihat canggung, karena takut terjatuh, satu persatu Raja dan Permaisuri dadakan tersebut, bergaya meluncur di atas rakit mengikuti aliran sungai.

Beragam busana kontemporer unik berlatar belakang budaya dan lingkungan, seperti bentuk kupu-kupu maupun rangkaian bunga, menyemarakkan gelaran bertajuk Carnival On The River ini.

“Busana yang saya kenakan ini busana Nyi Roro Kidul. Untuk biayanya patungan satu grup,” ujar Firly Dwi Putri, Siswi kelas 12 SMAN Kejayan.

Karnaval langka inipun menyedot perhatian masyarakat sekitar serta mapun pengguna jalan jurusan Pasuruan-Malang yang melintas. Bahkan puluhan turis mancanegara yang berkendara bus, mendapat ‘bonus hiburan’ dan mengabadikannya karena River Carnival dianggap menarik.

“Sayangnya rombongan turis tersebut terburu-buru,” kata Edi Santoso, Ketua Panitia yang juga guru kesenian SMAN Kejayan.

Kepala Sekolah Sman 1 Kejayan Pasuruan, Ahmad Zainul, ajang Karnaval sungai ini dimaksudkan sebagai bentuk apresiasi terhadap lingkungan, khususnya pentingnya fungsi sungai, sekaligus sebagai sarana peningkatan mutu pendidikan di luar sekolah.

Sedianya gelaran ini akan rutin digelar sebagai satu rangkaian mata pelajaran sekolah, terkait pengenalan dan pemanfaatan lingkungan. (tj)

Informasi "Berita SKPD" Lainnya